Mengatasi Laptop lemot setelah di instal ulang

Ada keluhan dari teman yang bilang bahwa Laptop nya Lemot setelah di Instal ulang. Laptop lemot atau lambat tentu ada sebab dan akibat, bisa dari software dan bisa juga hardware. Kasus Laptop lambat atau lemot tentu sudah biasa, namun lambatnya akibat di dinstal ulang itu yang harus di cari tau apa benar lambatnya karena pengaruh instal ulang tadi.

Berikut Cara Mengatasi Laptop Lambat Akibat Instal Ulang.

Kesesuaian Sistem Operasi Yang digunakan
Menyesuaikan antara sistem operasi yang digunakan dengan kemampuan hardware adalah hal yang paling pokok. Kita harus tau syarat dan spesifikasi minimum hardware sebelum menginstal sistem operasi. Sebagai contoh gambaran Sistem operasi Windows 7, Spesifikasi minimal yang dibutuhkan adalah Processor 1 GHz atau sekelas Pentium 4 dan RAM 1 GB dan Hardisk 16 GB, maka jangan memaksakan diri instal windows 7 jika spesifikasi Laptop Anda kurang dari itu.
Jika tetap memaksakan diri maka laptop akan terbebani dengan sistem operasi yang di instal, sehingga ini menjadi penyebab laptop lambat atau lemot.

mengatasi laptop lambat

Driver belum terinstal
Pastikan setelah instal ulang semua driver sudah terinstal dengan baik, terutama driver VGA. Cara melihat driver sudah terinstal semua Anda bisa melihatnya di device manager. Cara membuka device manager adalah Klik Kanan Computer>Properties> Device Manager. Lihat apakah masih terdapat tanda tanya atau tanda seru kalau masih terdapat tanda tanya atau tanda seru berarti driver masih belum terinstal semuanya.

Hardisk Rusak
Laptop lambat atau lemot bisa jadi bukan karena instal ulang, tetapi disebabkan oleh hardisk yang rusak. Banyaknya Bad sector di hardisk menyebabkan sistem operasi yang terinstal terganggu, sehingga menyebabkan macet atau lambat. Bagaimana cara mengetahui hardisk tersebut rusak atau ada bad sector caranya sangat mudah. Download aplikasi Hardisk Sentinental di sini http://www.hdsentinel.com.  Dan Instal pada laptop yang lemot. Disitu akan ditampilkan secara detil tentang kondisi hardisk, namun yang perlu di lihat adalah kondisi kesehatan hardisk. Bila kondisi kesehatan / health hardisk dibawah 90 %, maka bisa dipastikan hardisk Anda rusak dan inilah yang menjadi penyebab Laptop Lemot.

Jadi penyebab Laptop Lemot atau lambat bisa disebabkan oleh salah satu faktor dari 3 point diatas, Namun kebanyakan kasus yang paling banyak terjadi adalah Kondisi hardisk rusak yang menyebabkan Laptop Lemot.

1 Response to "Mengatasi Laptop lemot setelah di instal ulang"

  1. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    ReplyDelete