Laptop terdengar bunyi Tut saat dihidupkan atau dinyalakan

Laptop bunyi Tut pada saat baru dihidupkan adalah suatu yang seringkali terjadi terutama pada laptop dengan usia sekitar 2 tahun lebih. Bunyi Beep saat dinyalakan ini bisa jadi suatu indikasi kerusakan Hardware baik tingkat serius maupun ringan. 

Dari pengalaman pribadi mengatasi masalah Laptop atau Netbook Bunyi Tut pada saat laptop baru saja dinyalakan, maka bisa diprediksi itu adalah masalah pada keyboard laptop. Ada salah satu atau beberapa tombol pada keyboard yang secara diam diam terjadi hubung singkat sehingga tombol tersebut mencet dengan sendirinya tanpa kita sadari. 

Laptop terdengar bunyi beep saat dinyalakan

Berbeda dengan PC atau Komputer, bunyi beep atau tut-tut pada PC sering kali disebabkan oleh RAM yang rusak atau kotor. Namun pada laptop bunyi tut atau beep tersebut terjadi karena keyboard laptop mencet sendiri atau bisa dibilang rusak. Jika Anda kurang yakin, Anda bisa melepas keyboard laptop dan kemudian menyalakan laptop kembali tanpa keyboard. Jika bunyi beeb atau tut sudah tidak terdengar berarti positif keyboard laptop Anda mengalami kerusakan.

Lakukan penggantian keyboard jika memang positif bunyi Tut Tut tersebut adalah karena keyboard rusak. Harga keyboard laptop yang beredar dipasaran kisaran 200 ribuan sampai 400 ribuan, tergantung dari merk Laptop dan ketersediaan barang, biasanya semakin langka keyboard laptop tersebut harganya juga semakin mahal.

Keyboard Laptop Rusak biasanya terjadi pada Laptop Laptop pada usia pemakaian sekitar Lebih dari dua tahun. Namun adakalanya saya menjumpai Bunyi Beep atau Tut terjadi pada Laptop pada usia pemakaian 1 tahun atau kadang masih kurang dari 1 tahun. 

Mengapa Keyboard laptop cepat rusak? Keyboard Laptop rusak bisa terjadi karena pemakaian yang tidak sehat, misalnya bermain Game. Keyboard akan cepat rusak jika digunakan untuk bermain Game seperti PES atau bermain GTA yang sering kali menggunakan arah panah sebagai tombol utamanya. Sebenarnya cara ini bisa disiasati dengan cara membeli Stik PS dengan colokan USB untuk bermain PES atau GTA pada Laptop. 

Ada beberapa kasus aneh juga, Bunyi Tut Tut Tut juga terjadi pada Laptop yang jarang dipakai. Selidik punya selidik ternyata Keyboard yang jarang dipencet juga bisa mengalami kerusakan. Cara Mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah, usahakan seminggu sekali lakukan menekan atau pencet semua tombol yang ada pada keyboard pada kondisi Laptop mati atau tidak menyala.

Dari uraian diatas, bisa disimpulkan bahwa Penyebab Laptop muncul bunyi Tut atau beep saat dihidupkan adalah disebabkan oleh keyboard yang rusak.

10 Responses to "Laptop terdengar bunyi Tut saat dihidupkan atau dinyalakan"

  1. laptop saya juga mulai berisik suaranya nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipase kotor mbok bro... :)

      Delete
    2. Ternyata di google yg bkin blog org"tolol...klo bunyi beep brarti driver instalation ada yg gk support,smua blog jawapan cman copas keyboard smua yg jdu masala,klo msh goblok jgn bkin blog

      Delete
  2. trus biar nggk bising lagi saat di hidupkan nggk mau ke window gimana gan cara mengatasinya

    ReplyDelete
  3. trus biar nggk bising lagi saat di hidupkan nggk mau ke window gimana gan cara mengatasinya

    ReplyDelete
  4. terimakasih infonya gan! boleh juga cek solusi terbaik untuk keyboard macbook yang berisik disini: http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

    ReplyDelete